Setelah membaca haruskah anda nge-blog demi uang, sekarang mari kita lihat beberapa model cara mencari uang lewat blog.

Sy cenderung membagi model-model yang dipakai para blogger untuk mendapatkan uang dari blog nya ke dalam 2 bagian - Langsung dan Tidak Langsung

Metode Langsung - Metode-metode yang mana para blogger mencari uang secara langsung DARI blog mereka.

Metode Tidak Langsung - Metode-metode yang mana para blogger mendapatkan uang KARENA blog mereka.


Hampir semua blogger cenderung menggunakan salah satu metode - meski tidak ada alasan untuk menghentikan para blogger ber eksperimen dengan elemen2 keduanya (Sy melihat beberapa blogger menghadapi masalah karena hal ini (contoh : Skenario 1 di posting sebelumnya)


Dalam postingan ini, sy akan sharing metode mendapatkan uang secara langsung dan di postingan berikut sy akan meng-eksplore metode2 tidak langsung.
Metode Mendapatkan Uang secara Langsung bagi para Blogger
1. Iklan

Ada banyak cara menjual spasi iklan di blog (pembahasan tentang topik ini dapat dijadikan menjadi sebuah serial tersendiri) tetapi beberapa pilihan iklan yang sering digunakan adalah:
Iklan kontekstual - Program seperti AdSense dan YPN (beta) sangat populer bagi para blogger dan mungkin menjadi sumber pendapat yang paling sering dipakai sekarang ini (MSN juga sedang mengembangkannya). Singkatnya - Program ini membaca apa isi dan topik blog anda dan menampilkan iklan yang sesuai (teks dan gambar). Mereka umumnya mudah digunakan dan hanya dibutuhkan copy paste kode ke blog template anda. Pembayaran didasarkan atas "per klik" (biasanya disebut CPC - Cost Per Click). Iklan kontekstual cocok bagi topik yang memiliki dasar komersial (misalnya suatu produk atau jasa tertentu). Mereka kurang bagus digabung dengan tipe blog "umum" (banyak topik) dan/atau politik/spiritual blog (ini akan membingungkan AdSense).
Iklan CPC lainnya - Ada banyak variasi sistem iklan yang lain yang membayar berdasarkan klik tetapi tidak bersifat kontekstual (yg harus diperhatikan adalah sistem seperti AdSense tidak mengijinkan anda untuk memasang iklan kontekstual lain di halaman yang sama). Sistem seperti ini termasuk Chitika eMiniMalls
Iklan berdasar "Impression" - Iklan yg berdasarkan "Impression" membayar jumlah kecil bagi setiap org yang melihat iklannya. Jumlah yang mereka bayar bervariasi bergantung masing2 program dan iklan. Ada banyak variasi sistem iklan yang seperti ini termasuk Fastclick dan Tribal Fusion. Iklan yg berdasar "impression" tidak banyak menghasilkan uang jika anda tidak memiliki banyak pengunjung, tetapi juga berlaku kebalikannya.
Blog Ads - Blog Ads sekarang ini hanya menerima orang ke dalam sistem mereka jika mereka memiliki seseorang yang telah dalam "sponsor" atau direkomendasikan.
Iklan Teks - Cara lain yang mulai populer utk menjual iklan di blog anda adalah teks link. Kelebihannya adalah mereka tidak memakan banyak tempat dan tergantung sistem yg anda pilih, anda memiliki kontrol utk menerima atau menolak pemasang iklan. Adbrite adalah salah satu sistem yg memberikan anda kontrol atas harga dan persetujuan kepada pengiklan. Text Link Ads adalah penjual link teks lain yg sering digunakan juga oleh para blogger. Kelebihan dari keduanya ialah mereka telah memiliki pool sponsor sehingga anda tidak perlu mencari sponsor iklan sendiri. Bidvertiser dan Adzaar adalah sistem lain yg juga lumayan dikenal oleh para blogger.
Iklan RSS - Cara yg mulai populer adalah membaca blog melalui RSS. Akibatnya publisher dan penyedia iklan harus mencari cara utk meletakkan iklan dalam feed. Sy jarang mendengar orang mendapatkan sejumlah besar $ melalui iklan RSS tetapi sistem iklan ini kelihatannya semakin berkembang. AdSense menawarkan iklan RSS pada beberapa publisher nya (anda harus memiliki sejumlah tertentu impression sebelumnya) seperti halnya YPN. Feedburner adalah alat yg sy pakai utk memasang iklan di feed - mereka memberikan 3 pilihan (1. AdSense jika anda disetujui mereka, 2. Program afiliasi Amazon dan 3. Jika anda memiliki banyak sebscriber (lebih dari 500) mereka memiliki sebuah Network Iklan). Pheedo adalah sistem lain yg mgkn dapat anda coba juga.
Sistem Iklan yg lain - Sebagai tambahan dari sistem2 di atas, masih banyak pilihan iklan2 yg sy tidak ketahui. Sy yakin mereka patut utk dicoba :
AdGenta, CrispAds, Clicksor, Intelli Txt, Peak Click, Double Click, Industry Brains, AdHearUs, Kanoodle, AVN, Pheedo, Adknowledge, YesAdvertising, RevenuePilotTextAds, SearchFeed, Target Point, OneMonkey, and TextAds.

2. Sponsorship

Bentuk lain dari advertising yg digunakan oleh para blogger adalah mencari sponsor sendiri Semua sistem2 di atas memiliki keuntungan menemukan sponsor bagi anda (atau setidaknya membimbing anda dalam otomatisasi iklan di blog anda) tetapi bila blog anda semakin berkembang, anda mungkin menemukan pilihan lain utk mendapat sponsor sendiri. Blog network yg besar memiliki orang2 yg berdedikasi pada tugas2 menemukan sponsor.

3. Program2 Afiliasi

Dengan program2 Afiliasi, anda menerima komisi jika me-refer pembaca membeli sebuah produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Mungkin program yg paling sering dipakai adalah Amazon yg memiliki 10.000 lebih produk yg dapat anda hubungkan. Program2 afiliasi lainnya adalah LinkShare, Commision Junction dan Clickbank. (Tidak semua dari mereka menerima orang Indonesia)

4. Menjual Blog

Ide menjual blog anda mungkin akan muncul pada "suatu saat", tapi hal ini tidaklah lazim dalam kenyataannya. Meungkin penjualan terbesar adalah Weblogs Inc (sebuah blog network) yg dijual ke AOL seharga $25 juta. Tentu saja hal ini hanya dapat terjadi dalam mimpi2 kita - tapi ada contoh blog yg lebih kecil yg dijual, via lelang di eBay atau SitePoint. Salah satu contohnya adalah Blog Herald yang dijual disini.

Memulai sebuah blog dengan tujuan utk dijual dilakukan oleh beberapa orang blogger, tapi hanya sedikit yang telah sukses. Daripada memulai dengan tujuan ini, sy pikir lebih baik jika anda memulainya dengan membangun site yg berkualitas yg berpotensi utk memiliki banyak pembaca dan dengan sendiri nya akan banyak sumber pendapatan yg dapat diimplementasikan pada site tsb termasuk menarik minat pembeli utk menawar site anda.

5. Sumbangan

Sepanjang pengetahuan sy, sangat sedikit blog yg memperoleh banyak uang melalui metode ini (Jason Kottke salah satunya). Agar sukses mendapatkan uang dari para pembaca, anda harus memiliki banyak pemabaca setia (dan punya uang tentunya).

6. Menjual Produk

Metode lain yg digunakan para blogger adalah menjual T-shirt, Mug, Stiker dll yg sesuai dengan nama, logo blognya. Ini adalah ide yg dapat berjalan jika anda memiliki kemampuan design yg bagus. Anda juga harus memiliki pembaca fanatik yg terobsesi dengan blog anda.

7. Menjual Subscriptions

Ide menjual subscription blog sering dipakai dari waktu ke waktu. Banyak site yg sukses dari metode ini. Masalahnya ialah banyak blog2 lain yg menyediakan informasi, topik, atau ide yg sama dengan blog anda secara gratis. Anda harus memiliki informasi, ide, topik atau isi blog yg eksklusif dan anda sendiri harus benar2 expert dalam topik yg anda jual.

8. Blog Networks

Ada 2 cara mendapatkan uang dengan metode ini. Pertama anda dapat memulai network dan menmbuat kontrak dengan para blogger utk menulis bagi anda atau ... kedua, anda dapat bergabung dengan network blog sebagai penulis. Ada banyak network di luar sana dan mereka mempunyai kelebihan dan kelemahan masing2.