Jumat, 11 Mei 2012

Linux Indonesia


Poersoft.web.id. Ternyata linux banyak macamnya, baik yang buatan Indonesia seperti artikel dibawah ini, maupun linux buatan non-Indonesia.Tapi namanya linux siapa saja boleh mengembangkan, entah dengan nama yang aneh, lucu berbau barang-barang, kebanggaan dan lain-lain. Seiring waktu linux berkembangan sangat pesat, seperti penulis juga pakai dengan ubuntu sabily 11.10 Uhudperkembangan dari Ubuntu Moeslem yang memang dikhususkan buat umat islam atau muslim, maaf kalau islam kan cuma KTP doang, kalau muslim kan tindakan nyata.
Linux dibahas memang asyik dan tak ada habis-habisnya untuk dibicarakan baik sesama penghobi penggiat software copy paste maupun yang benar-benar ahli dalam mengoprek software dan tentunya yang berkecimpung dalam dunia linux.Okey sedikit saya utarakan di bawah ini macam-macam distro kayak jual baju saja yang katanya sih hasil kreasi anak bangsa Indonesia, ayo kita bangga menjadi anak bangsa Indonesia.Inilah beberapa linux yang saya sertakan di bawah ini :

Linux/Distro GNU Indonesia


BlankOn

Paket : DEB
Desktop : GNOME
Release terakhir : BlankOn 7 (Patimura)
Pengembang : YPLI dan Komunitas Ubuntu Indonesia
web : http://www.blankonlinux.or.id/
Dengan menghadirkan filosofi, kemudahan, dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya, BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan. Distro Linux ini diciptakan sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.

GarudaOne

Paket : RPM
Desktop : KDE
Pengembang : Sampurna
web : http://www.garudaone.com/
Garuda One adalah Sistem Operasi kreasi Lokal yang diturunkan dari PCLinuxOS (varian Mandriva) yang dikenal komplit dalam berbagai penggunaan.

Kuliax

Paket : DEB
Desktop : KDE
Release terakhir : Kuliax 7.0
Pengembang : Team Kuliax
web : http://kuliax.org/
Distro Linux yang dioptimasi untuk penggunaan desktop, riset, dan pengembangan  aplikasi, khususnya di universitas atau pendidikan tinggi. Kuliax dikembangkan  dengan basis Debian GNU/Linux, ditambah dengan kumpulan skrip atau aplikasi Live yang diadopsi dari distribusi Knoppix, Kanotix, dan Sidux. Distro ini  dilengkapi dengan beragam aplikasi open source.

Nusantara

Paket : RPM
Desktop : GNOME
Release terakhir : Nusantara 2010
Pengembang : Ristek dan YPLI
web : http://igos-nusantara.or.id/
Distro Nusantara 3 (Mahakam) merupakan distro desktop bagi pengguna Indonesia. Pengembangan lanjutan distro ini disponsori oleh Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI). Meskipun disponsori oleh pemerintah, namun distro ini diharapkan dapat tumbuh dan dikembangkan oleh komunitas.

POCI

Paket : RPM
Desktop : KDE
Release terakhir : 2.7 (Kaligung) Pengembang : Tim Pengembang POCI dan KPLI Tegal
web : http://poci.kwali.info
Distro Linux POCI berbasis PCLinuxOS ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dasar komputer/laptop pada masyarakat secara umum. Disponsori oleh Kwali, Linux POCI diharapkan menjadi pilihan bagi masyarakat akan sistem operasi terjangkau dan aman yang dilengkapi perangkat lunak yang komplit serta tampilan yang mudah dikenali sehingga mempermudah dalam penggunaannya.

TeaLinuxOS

Paket : DEB
Desktop : GNOME
Release terakhir : 3.0 White Tea
Pengembang : DOSCOM
web : http://tealinuxos.org/
TeaLinuxOS adalah distro Linux turunan Ubuntu yang dikembangkan oleh Dinus Open Source Community (DOSCOM) yang berorientasi pemrograman. Dengan menghadirkan filosofi, “Nikmatnya sebuah racikan”, TeaLinuxOS dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux pemrograman yang dikhususkan untuk dunia pendidikan.

Zencafe

Paket : TGZ
Desktop : XFCE
Release terakhir : Zencafe 2.2
Pengembang : Anjar Hardiena
web : http://www.zencafe.web.id/
Distro linux yang diciptakan spesial buat warung internet atau warnet ini berbasiskan Zenwalk. Didesain untuk memenuhi kebutuhan operating system yang legal dan aman untuk warnet, dengan dilengkapi Billing system untuk penghitungan waktu user/pengguna warnet, Autorecovery atau mengunci setting sesuai dengan keinginan pengelola warnet serta kebutuhan untuk browsing, chatting, office dan lain-lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar